-->

7 Nama Neraka dan Ngerinya Azab di Dalamnya, No 7 Azabnya Paling Menakutkan

7 Nama Neraka dan Ngerinya Azab di Dalamnya, No 7 Azabnya Paling Menakutkan - Dunia merupakan tempat persinggahan sementara yang harus dilalui oleh manusia sebelum bisa sampai ke kehidupan yang kekal yaitu alam akhirat. Di dunia manusia akan diuji dengan banyak permasalahan, dan dari ujian – ujian ini, manusia akan dihitung amal perbuatannya untuk kemudian ditentukan tempat kehidupan akhirnya di alam Akhirat nanti.

Manusia yang memiliki timbangan amal perbuatan baik lebih besar akan memiliki kehidupan akhirat yang baik yaitu di surga, sedangkan manusia yang memiliki timbangan amal perbuatan buruk yang lebih besar akan memiliki kehidupan akhirat yang amat sangat buruk yaitu di neraka.

Ilustrasi. Foto : net
Berbicara mengenai kehidupan di akhirat, kali ini kami akan membagikan sedikit informasi mengenai 7 nama neraka yang ada di alam akhirat kelak. Apa sajakah nama neraka – neraka tersebut dan seperti apakah isinya? Berikut informasi lengkapnya Nama Neraka dan Ngerinya Azab di Dalamnya telah kami siapkan untuk Anda :

1. Neraka Hawiyah
  • Nama neraka yang pertama sekaligus yang paling ringan siksaannya adalah Neraka Hawiyah. Dalam Surah Al-Qariah dijelaskan bahwa : “Dan adapun orang – orang yang ringan timbangan (kebaikan) nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas. "(Al-Qoriah : 8 – 11).
2. Neraka Jahim
  • Nama neraka yang ke dua adalah neraka Jahim. Menurut tafsiran para ahli tafsir, bahan baku yang digunakan Allah untuk menyiksa manusia yang ada di neraka Jahim adalah bebatuan. Penghuni neraka Jahim sendiri kabarnya adalah orang – orang yang sesat dalam aktivitas peribadahan kepada Allah SWT.
3. Neraka Saqar
  • Nama neraka yang ke tiga adalah neraka Saqarr. Penjelasan Neraka Saqar ada di salah satu ayat Al-Qur’an yang artinya : “Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka0? Mereka menjawab, “Kami dahulu tidak termasuk orang – orang yang mengerjakan sholat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang – orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan.” (QS. Al-Mudatsir : 42-46).
4. Neraka Ladza 
  • Nama neraka yang ke empat adalah neraka Ladza. Hampir sama seperti neraka Hawiyah, Neraka Ladza juga dipenuhi dengan api yang bergejolak, yang panasnya dapat mengelupaskan kulit kepala manusia. Neraka ini akan dihuni oleh orang yang suka berpaling dari agama dan suka mengumpukan harta benda untuk disimpan.

5. Neraka Huthamah
  • Nama neraka yang ke lima adalah neraka Huthamah. Dalam Surah Al-Humazah ayat 5 – 7 yang artinya “Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati.”
6. Neraka Sa’ir
  • Nama neraka yang ke enam adalah Neraka Sa’ir. Penjelasan mengenai neraka Sa’ir ada di dalam Surah An-Nisa ayat 10 yang artinya : “Sesungguhnya orang – orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh pernutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala – nyala (neraka). (An-Nisa : 10).
7. Neraka Jahannam
  • Neraka jahannam ini adalah neraka yang paling atas (pertama). Pintu neraka ini ditempati oleh kaum muslimin (umat Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam) yang melakukan dosa besar. Hal ini sebagaimana yang dikatakan oleh Jibril kepadaNabi shalallahu ‘alaihi wa sallam: “Hai Muhammad! pintu neraka jahannam, ini dihuni oleh orang-orang yang melakukan dosa besar dari umatmu, dimana mereka mati sebelum bertaubat.
  • “Demi mendengar apa yang dikatakan Jibril, Rasulullah pun langsung pingsan. Ketika Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam telah sadar kembali, beliau berkata : “Hai Jibril! sangat besar musibahku. Karena sesungguhnya aku amat takut bila umatku dimasukkan ke dalam neraka!”
  • Jibril menjawab, “Ya, umatmu yang melakukan dosa besar akan dimasukkan ke dalam neraka!”
  • Kemudian Rasulullah menangis, dan Jibril pun ikut menangis. Tiba-tiba mereka berdua mendengar firman Allah subhaanahu wa ta’ala : Hai Jibril, Hai Muhammad! sesungguhnya Aku menjauhkan kalian berdua dari neraka. Tetapi janganlah kamu merasa aman dari siksa-Ku!”
  • Firman Allah subhaanahu wa ta’ala: “Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut setan) semuanya.” (QS. Al-Hijr : 43).
  • Naudzubillah, semoga kita semua terjauh dan senantiasa mengejar ridho Allah untuk memasuki surga-Nya.
Demikianlah artikel mengenai nama-nama neraka lengkap dengan penjelasannya yang kami rangkum dari berbagai sumber.Semoga dengan mengetahui informasi ini, kita dapat lebih mewaspadai diri kita dalam menjalani kehidupan kita di dunia sehingga dapat terhindar dari siksa neraka yang ada di atas. Aamiin!!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Nama Neraka dan Ngerinya Azab di Dalamnya, No 7 Azabnya Paling Menakutkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel